Thursday, March 13, 2008

free-complaint area

“Duh, hujan lagi.. hujan lagi! Bisa batal nih semua rencana hari ini”
“Sialan, ujian gue ancuuur!!”
Dan … berapa lagi keluhan yang anda buat hari ini? Mengeluh, berkeluh kesah, nggresulo, .. adakah sesuatu yang bisa kita dapat dari situ? Kepuasan? Perubahan atas sesuatu yang kita keluhkan? Tidak ada. Pikirkan dengan sungguh-sungguh, bahwa akan lebih banyak ‘rugi’ yang kita dapat dari nggrundel. Mau tau beberapa kerugian diantaranya?
  1. Berapa orang yang mau mendengar keluhan kita dengan senang hati? Berapa orang dari mereka yang mampu memberi dukungan balik yang positif? Amat sedikit orang yang bisa bersikap demikian. Akan lebih banyak orang yang mencibir, sekalipun itu tidak dilakukan di depan kita. Rugi kan, udah mengeluarkan suara, tapi tidak mendapat dukungan positif.
  2. Jika mendengar keluhan, orang lain akan tau bahwa kita sedang memiliki masalah. Tidak semua orang bisa bersimpati dengan tulus. Akan lebih banyak yang bersyukur, sekalipun dalam hati, bahwa kita sedang punya persolan. Ga enak kan diperlakukan demikian.
  3. Dengan mengeluh, kita mengeluarkan energi. Percuma kan membuang energi untuk sesuatu yang tidak bermanfaat. Semakin sering kita mengeluh, makin banyak hal yang terasa kurang. Semakin banyak berkeluh kesah, makin terasa betapa tidak sempurnanya hidup ini. Lalu kapan kita sempat menikmati hidup? Kapan bisa bersyukur?
  4. Dan masih banyak lagi, silahkan menambahkan sendiri :)
Oprah Winfrey bahkan pernah membahas hal ini dalam salah satu shownya, dan dikatakan "When they can eradicate complaining from their lives, they truly become happier". Nah betul kan :)
So, jangan pernah mengeluh! Dimanapun, kapanpun! Syukuri semua yang sudah kita miliki! Jadikan diri kita sebagai free-complaint area dan hidupmu pasti lebih bahagia.

No comments: