Wednesday, March 12, 2008

selamat hari perempuan, selamat berjuang!

8 Maret merupakan Hari Perempuan se dunia. Pertama kali diperingati pada tanggal 11 Maret 1911 di sejumlah negara seperti Jerman, Australia, Denmark dan beberapa negara Eropa lainnya, setelah keluarnya Deklarasi Copenhagen yang menyerukan persatuan kaum perempuan sedunia untuk memperjuangkan persamaan hak perempuan dan anak-anak, untuk pembebasan nasional dan perdamaian. Momentum tersebut terus diperingati tahun demi tahun.

Namun peristiwa peringatan yang paling dikenang sepanjang sejarah Hari Perempuan adalah yang terjadi di Petrograd, Uni Soviet (sekarang St Petersburg, Rusia), yang mencapai puncaknya tanggal 23 Februari (menurut kalender Julian) atau 8 Maret (kalender Gregorian/Masehi). Maka sejak saat itu, hari perempuan sedunia diperingati pada tanggal tersebut.

Lebih dari sejuta perempuan, yang mayoritas bekerja di pabrik-pabrik, turun ke jalan menuntut persamaan hak-hak sipil dan politik, penghapusan diskriminasi, perlakuan kerja yang lebih baik dan gaji yang layak. Usaha para pemilik pabrik menghalangi mereka turun ke jalan dengan mengurung mereka di pabrik-pabrik tidak mematahkan semangat besar untuk mencapai perubahan kondisi kehidupan perempuan yang lebih baik. Mogok kerja dan aksi protes kaum perempuan selama beberapa hari telah menjatuhkan rezim Tsar sebagai sang penguasa yang sangat tidak menghargai perempuan sekaligus mengantarkan Rusia menuju masa transisi zaman feodal menjadi industri.

Dan hingga hari ini, perjuangan ini belumlah usai. Masih banyak hal yang perlu dilakukan kaum perempuan untuk memperjuangkan hak-hak mereka dan anak-anak.

Wahai perempuan, selamat Hari Perempuan. Selamat berjuang!

No comments: